Friday, September 24, 2010

SENAPAN-SENAPAN MESIN

Dalam dunia peperangan, ada berbagai macam senapan mesin yang digunakan. dibawah ini beberapa senapan dari yang bertipe berat-ringan.
1.M2 Browning

M2 Browning adalah Senapan mesin berat yang dirancang setelah berakhirnya Perang Dunia I oleh John Browning. Senapan mesin ini diberi julukan Ma Deuce oleh tentara Amerika Serikat, atau hanya dipanggil fifty-cal (kaliber lima puluh), sesuai kalibernya. Penamaan resmi senapan ini juga berbeda-beda, misalnya Browning Machine Gun, Heavy Barrel, Cal. .50, M2, HB, dan Flexible. Senapan mesin M2 Browning banyak dipakai sebagai senapan mesin kendaraan tempur dan kendaraan udara oleh Amerika Serikat sejak tahun 1920-an sampai saat ini. Dari Perang Dunia II, Perang Korea, Perang Vietnam, sampai Invasi Irak. M2 Browning merupakan senapan mesin berat utama NATO, dan banyak dipakai negara-negara lain juga sampai sekarang.
2.DShK


DShK 1938 (Degtyaryova-Shpagina Krupnokaliberniy, 'Degtyaryov-Shpagin Kaliber-Besar') adalah senapan mesin berat anti pesawat udara Uni Soviet yang menembakan peluru kaliber 12.7 x 107 mm Soviet, kadang-kadang digunakan juga sebagai senjata pasukan infanteri. Namanya diambil dari desainernya Vasily Degtyaryov, yang mendesain senapan ini pada awalnya dan Georgi Shpagin, yang mengembangkan mekanisme penyuplai pelurunya. Senapan ini sering juga dipanggil Dushka yang berarti Manis atau Sayang.
3.FN MAG

FN MAG adalah senapan mesin yang dibuat oleh perusahaan senjata Belgia Fabrique Nationale (FN). MAG adalah singkatan dari Mitrailleuse d'Appui General, yang artinya senapan mesin serba guna (bahasa Inggris: general purpose machine gun - GPMG). Senapan ini mulai dikembangkan pada tahun 1950-an dan mulai diproduksi pada tahun 1958. Senapan ini menggunakan peluru kaliber 7.62 mm NATO dan digunakan oleh lebih dari 20 negara.
4.M240


M240 adalah rangkaian senapan mesin sedang yang menggunakan peluru 7.62 × 51 mm NATO. Senapan mesin ini dibuat berdasarkan FN MAG.

M240 sudah mulai dipakai militer Amerika Serikat sejak akhir abad ke-20, dan juga oleh sejumlah negara NATO lainnya. Senapan mesin ini digunakan secara intensif oleh infanteri, dan juga oleh kendaraan tempur dan helikopter.
5.SPM2



SPM2 sering disebut GPMG (singkatan dari General Purpose Machine Gun atau Senapan Mesin Serba Guna) adalah senapan mesin sedang buatan PT. Pindad Bandung, Indonesia. Senapan ini dibuat berdasarkan senapan mesin FN MAG, atas lisensi dari perusahaan senjata Fabrique Nationale (FN), Belgia. Ini merupakan senapan mesin standar TNI yang banyak terlihat digunakan di kendaraan-kendaraan tempur TNI maupun dibawa oleh infanteri. Biasanya modernisasi kendaraan tempur Indonesia selain mengganti mesin kendaraan tersebut juga dengan mengganti senjata sekundernya dengan senapan mesin ini.

Senapan mesin ini menggunakan peluru kaliber 7.62 x 51 mm, sedangkan dimensinya bergantung variannya. Terdapat dua varian yaitu varian SPM2-V1 dengan tripod (kaki tiga) terintegrasi. Dengan panjang total 1070 mm dan berat 13 kg (Total dengan tripod : 31,75 kg). Yang kedua adalah varian V2 sama dengan V1 hanya saja menggunakan bipod (dirancang untuk dibawa infanteri) sehingga beratnya hanya berkisar 11,58 kg.
6. FN Minimi


FN Minimi, (bahasa Perancis: Mini-mitrailleuse, senapan mesin mini) adalah senapan mesin ringan yang diproduksi oleh perusahaan senjata Belgia Fabrique Nationale de Herstal (FN) dan anak perusahaannya. FN Minimi menjadi salah satu senjata yang revolusioner dan sangat legendaris, karena menghasilkan kelas baru : SAW (Squad Automatic Weapon), alias senapan mesin yang mandiri dimana sang operator berfungsi ganda sebagai penembak dan penjaga sabuk peluru, serta bisa ditembakkan dari posisi bahu seperti layaknya senapan serbu namun dengan kapasitas sekelas senapan mesin ( 100 atau 200 sabuk peluru ).
7.M249


M249 Squad Automatic Weapon (Senjata Otomatis Regu) adalah senapan mesin ringan Amerika Serikat yang merupakan modifikasi dari FN Minimi. Senapan ini juga diproduksi oleh perusahaan senjata Belgia Fabrique Nationale (FN) dan anak perusahaannya.
(bahasa Perancis: Mini-mitrailleuse, senapan mesin mini) adalah senapan mesin ringan yang diproduksi oleh perusahaan senjata Belgia Fabrique Nationale de Herstal (FN) dan anak perusahaannya. FN Minimi menjadi salah satu senjata yang revolusioner dan sangat legendaris, karena menghasilkan kelas baru : SAW (Squad Automatic Weapon), alias senapan mesin yang mandiri dimana sang operator berfungsi ganda sebagai penembak dan penjaga sabuk peluru, serta bisa ditembakkan dari posisi bahu seperti layaknya senapan serbu namun dengan kapasitas sekelas senapan mesin ( 100 atau 200 sabuk peluru ).

Diatas adalah beberapa jenis senapan mesin dari yang bertipe berat sampai ringan, sebenarnya ada lebih banyak lagi senapan2 mesin seperti RPK, SMR bren, dll tetapi tidak saya bahas disini. next post mungkin akan dibahas.

source:http://id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment